Teknologi Teleskop Canggih dan Akurat Untuk Memantau Hilal

Sebagaimana yang telah dikemukakan dalam Artikel Pengertian, Dasar Hukum dan Methode Rukyatul Hilal bahwa salah satu Methode Rukyatul Hilal adalah dengan menggunakan Alat Optik terutama Teleskop baik dengan tetap mengandalkan Penglihatan mata maupun Teleskop Canggih yang dilengkapi dengan Sensor Kamera.

Ada beberapa jenis Teleskop canggih yang beredar di pasaran, diantaranya ;
  • Teleskop Bintang
  • Teleskop Snipper
  • Teleskop Discovery
  • Teleskop Hubble
  • Teleskop Bushnell
  • Teleskop luar angkasa
  • Dan Teleskop senapan angin
Berikut ini akan ditunjukkan beberapa jenis Teleskop Canggih yang sering digunakan untuk memantau kedudukan Hilal sebagai Penentu masuknya Bulan baru Kalender Hijriyah.

Teknologi Teleskop Canggih dan Akurat Untuk Memantau Hilal

Teleskop Celestron 80LCM Computerized


Teleskop Celestron 80LCM Computerized Goto ini adalah merupakan seri Teleskop yang menggunakan teknologi terkini. Mengkombinasikan antara Motor Elektronik, Digital Kamera, dan Teknologi StarSense untuk menciptakan sebuah Teleskop yang canggih namun sangat mudah dioperasikan. Sebuah Teleskop yang cerdas untuk melihat keadaan awan, Rasi bintang atau bulan. Koleksi pilihan ini dapat digunakan sebagai sarana yang baik untuk belajar, berbagi informasi atau juga dapat digunakan untuk para Astronomer Profesional. Sangat cocok untuk keperluan Laboratyorium IPA dan Astronomi. Juga sangat cocok digunakan untuk kegiatan Rukyatul Hilal karena teleskop dapat secara Otomatis mengarah ke posisi Hilal. Unit dilengkapi dengan Adapter kamera yang dapat menyambung kamera DSLR, Poket maupun Kamera Ponsel. Teleskop ini juga dapat dikendalikan oleh Software via Laptop atau PC.

Spesifikasi :

Aperture : 80 mm (3.25")
CD ROMs Included : TheSky X First Light
Computerized : Computerized
Dew Shield Included : Yes
Focal Ratio : f/11
Mount Type : Alt Azimuth/ GoTo
Optical Design : Doublet
OTA Mount Type : Single Arm
Telescope Series : Celestron LCM
Tracking Modes : Alt Azimuth & EQ North & EQ South
Tripod Type Included : Adjustable with Aluminum Legs
Warranty : 2 Year Warranty

Teleskop Celestron Astromaster 114EQ




Teknologi Teleskop Canggih selanjutnya adalah Teleskop Reflektor Newtonian Celestron Astro Master 114 EQ. Teleskop ini merupakan pilihan bagi mereka yang menyukai pemandangan Deepsky seperti Nebula, Galaksi dan sebagainya. Namun demikian Teleskop canggih ini juga bagus untuk pengamatan planet seperti permukaan Bulan, cincin Saturnus maupun bulan-bulan di planet Jupiter. Penyiapan tanpa alat yang cepat dan mudah. StarPointer terpasang secara manual. Optik gambar yang benar, ideal untuk penggunaan Terestrial dan Astronomi. Rilis cepat lampiran pas tidak ada pengaturan alat. Germany Ekuatorial Mount dengan pengaturan lingkaran untuk secara akurat menemukan dan melacak Objek Langit. Tripod dengan kaki tabung baja 1,25" memberikan platform yang kaku dan stabil.

Spesifikasi:

Optical : Newtonian Reflector
Aperture: 114 mm
Fokus : 1000 mm
Rasio : f/8.7
Eyepices : 20 mm (50x) dan 10mm (100x)
Warna: Biru kehitaman
magnifikasi : ~270x
Rasio Fokus: 8,77. besarnya: 12,8.
Resolusi (rayleigh): 1,22 detik busur.
Dimensi : 120x60x30 cm
Berat : 15 kg.

Teleskop Celestron Cosmos 90GT Wifi


Teleskop Canggih Celestron berikutnya adalah Teleskop Celestron Cosmos 90GT Wifi.

Teleskop Celestron Cosmos 90GT Wifi adalah teleskop WIFI pertama yang diproduksi untuk Astronomi Pemula. Anda dapat mengontrol Teleskop ini dengan Aplikasi COSMOS Celestron Navigator yang gratis di download untuk perangkat iPhone, iPad, maupun Android.

Edisi khusus mata Nebula COSMOS dengan desain 3D Spaceship of the Imagination (SOTI) pada dengan mountingnya. SOTI dapat menyala ketika Teleskop Anda terhubung melalui WiFi.

Refraktor 90 mm dengan lensa yang di Coating memberikan pemandangan yang tidak biasa untuk Bulan, Planet dan Nebula. Pilih objek yang ingin Anda lihat dari database COSMOS Celestron Navigator dengan lebih dari 120.000 objek langit.

Rak Aksesori yang dirancang khusus mencakup penyimpanan untuk Eyepieces dan baki berlapis karet untuk menaruh Smartphone atau Tablet kecil anda.

Kit termasuk Finderscope StarPointer, 2 Eyepieces Kellner, Mirror star diagonal, Aplikasi Planetarium gratis, dan poster Kalender Cosmic.

Spesifikasi :

  • Optical Design Refractor
  • Aperture 90mm (3.54")
  • Focal Length 910mm (36")
  • Focal Ratio 10.1
  • Focal Length of Eyepiece 1 25mm (0.98")
  • Magnification of Eyepiece 1 36x
  • Focal Length of Eyepiece 2 10mm (0.39")
  • Magnification of Eyepiece 2 91x
  • Finderscope StarPointer
  • Star Diagonal 1.25"
  • Mount Type Single Fork Arm Altazimuth
  • Accessory Tray Includes rubberized smartphone or tablet holder
  • Tripod Aluminum
  • Highest Useful Magnification 213x
  • Lowest Useful Magnification 13x
  • Limiting Stellar Magnitude 12.3
  • Resolution (Rayleigh) 1.54 arc seconds arc seconds
  • Resolution (Dawes) 1.29 arc seconds arc seconds
  • Light Gathering Power (Compared to human eye) 165x
  • Optical Coatings Fully Coated
  • Optical Tube Length 945mm (37.2")
  • Total Telescope Kit Weight 14.2 lbs (6.44 kg)
  • Slew Speeds Up to 3°/second
  • Tracking Rates Sidereal, Solar, and Lunar
  • Alignment Procedures SkyAlign, 3-Star Align, Solar System Align
  • Communication Ports Aux port for optional hand control
  • NexStar+ Database Over 120,000 objects including 220 of the best deep sky and solar system objects.

Teleskop Celestron Explorascope 60 AZ




Selanjutnya Memperkenalkan Explorascope 60AZ. Teleskop ini adalah merupakan Teleskop Refraktor Manual Alt-Azimuth yang sempurna untuk melihat langit saat bepergian. Explorascope 60 dapat melihat Planet, Bulan, gugusan Bintang dan objek langit dalam yang lebih terang seperti Nebula Orion dan Galaksi Andromeda.
Sementara menyiapkan teleskop ini terbilang sangatlah mudah. Bahkan saat Anda pertama kali mencobanya, Anda dapat memasang Teleskop dan Aksesorinya hanya dalam beberapa menit. Total Kit Teleskop memiliki berat hanya 5,2 Pon, sempurna untuk sesi pengamatan mendadak atau dapat dibawa ke mana pun petualangan hidup membawa Anda.

Teleskop Alt-Azimuth manual

Menavigasi langit dengan kontrol Alt-Az Panning, dengan pegangan untuk pengarahan Teleskop yang halus dan akurat. Gerakkan pegangan dengan cara naik atau turun, ke kiri atau ke kanan untuk melacak objek Anda di lensa mata.

Aksesori ;

Teleskop Explorascope 60AZ hadir dengan dua Eyepieces (20mm dan 4mm), lensa Barlow 3x, Cermin Diagonal 90° dan Finderscope.
Pilih lensa mata 20mm untuk daya rendah atau lensa mata 4mm untuk tampilan pembesaran yang lebih tinggi. Finderscope membantu Anda dengan cepat memusatkan objek pada lensa mata untuk memudahkan pengamatan. Untuk pembesaran lebih lanjut, sambungkan lensa Barlow 3x Anda untuk mendapatkan perbesaran tiga kali lipat dari kekuatan masing-masing lensa mata. Dikombinasikan dengan lensa Barlow, Teleskop ini menyediakan perbesaran hingga 105x (lensa mata 20mm) atau pembesaran 525x (lensa mata 4mm).

Free Software Starry Night

Install Software Starry Night Celestron dan pelajari tentang langit malam, benda langit dan bagaimana merencanakan sesi pengamatan Anda selanjutnya. Perangkat lunak Starry Night Celestron adalah paket perangkat lunak Astronomi utama yang beredar di pasaran, menyediakan sumber daya dan pengetahuan untuk melihat Tata Surya kita.

CMOS Kamera Teleskop Wifi 2 MP



Teknologi Canggih Teleskop selanjutnya adalah Kamera Teleskop, Kamera Teleskop buatan China ini adalah merupakan kamera yang digunakan untuk menangkap Citra gambar hasil proyeksi Teleskop. Citra ini kemudian seterusnya secara digital akan disalurkan ke PC, Laptop maupun Ponsel.  Kamera ini merupakan type CMOS Camera dan berfungsi sebagai Eyepiece Elektronik atau digital Eyepiece yang bisa disambungkan ke jenis Teleskop apapun yang memiliki diameter Eyepice standard 1,25". Dengan kemampuan 2 Mega Pixel menjadikan kamera ini cukup bagus digunakan untuk pengamatan Bulan, Matahari (dengan filter), Planet, Bintang ganda dan sebagainya. Koneksi WIFI menjadikan kamera ini juga praktis digunakan karena tidak memerlukan kabel penghubung antar komponen. 

Spesifikasi Alat: 

Merek : Generic made in China
Pixel : 2MP ~ 1280*720 pixel
Model : WIFI Telescope Digital Camera
Sensor: CMOS  
Power : 5 Volt DC 2 Ampere (Powerbank)
Diameter Interface : 1,25".

Teleskop Celestron Firstscope 76mm



Teknologi Canggih Teleskop berikutnya adalah Celestron FirstScope 76mm Dobsonian Reflector Telescope. Teleskop ini adalah desain Teleskop meja portabel dan ringan, mudah disimpan, transportasi dan pengaturan cepat. Celestron FirstScope 76mm yang memiliki f/4 dengan desain Alt-Az Reflector Telescope dirancang sebagai optik entry-level yang ideal untuk mengamati Bulan dan planet-planet, menonton Komet dan menikmati hujan Meteor. Teleskop meja ini memiliki desain Optik Reflektor Newtonian serta dilengkapi dengan dua Eyepieces berdiameter 1,25 " yang sepenuhnya Multiplek yang menghasilkan perbesaran 15x dan 75x. Pemasangan Alt-Azimuth Mount Tabletop Manual memberi Anda kontrol Teleskop yang mudah untuk melacak jarak dekat dan langit dalam. objek. Teleskop ini mudah digunakan, dirakit dan diangkut.

Fitur :

  • Gaya Desktop Dudukan Altazimuth gaya Dobsonian
  • Sangat bagus untuk Astronom dan pakar tingkat pemula
  • Kenang-kenangan indah bagi siapa pun yang tertarik pada Astronomi
  • Rak dan pinion sederhana 1,25 " fokus untuk pemfokusan yang cepat dan halus
  • Disediakan Eyepieces 20mm dan 4mm namun kompatibel dengan lensa mata 1,25 "
  • Desain meja atas Portabel dan ringan untuk penyimpanan mudah, transportasi dan pengaturan cepat.

Spesifikasi :

Model : FirstScope
Desain Optik : Dobsonian Reflector
Bukaan : 76 mm (2,99 in)
Focal length : 300 mm (11,81 in)
Rasio Fokus : 3,95
Finder : StarPointer
Eyepieces : 20mm dan 4 mm
Berat Teleskop : 2 Kg.

Teknologi Teleskop Canggih dan Akurat Untuk Memantau Hilal

Teleskop Celestron Inspire 80AZ


Bagi para Pemula Astronomi Amatir yang berniat menjelajahi tata surya dan langit malam, Teleskop Refraktor Celestron Inspire ini adalah jawabannya. Pengaturan tiga langkahnya yang mudah sangat ideal untuk para Astronom Pemula dan Adaptor ponsel cerdasnya memungkinkan Anda mengambil foto berkualitas dari penemuan langit malam Anda. Teleskop Celestron Inspire hadir dengan lampu LED bawaan yang memungkinkan Anda melihat isi baki Aksesori dalam gelap.

Teleskop ini mampu memberikan pembesaran 180x dengan diameter lensa utama 80mm dengan panjang fokus 900mm rasio fokus f/11 rasio dan Eyepieces 20mm dan 10mm. Tripod baja memberikan kestabilan dalam pengamatan. Untuk penyimpanan Aksesoris yang nyaman Teleskop ini juga memiliki rak untuk menaruh peralatan.

Teknologi Teleskop Canggih dan Akurat Untuk Memantau Hilal

Teleskop Celestron NexStar 130 SLT Computerized



Teleskop Celestron NexStar 130 SLT adalah Teleskop Goto standar dengan kemampuan maksimal. Teleskop ini termasuk jenis Reflektor dengan sistem Newtonian yang memiliki bukaan diafragma f/5 Reflector. Sangat cocok digunakan untuk untuk melakukan pengamatan Bulan, Planet dan objek ruang angkasa terang seperti Bintang Biner, gugus bintang, Galaksi dan Nebula. Kombinasi Aperture besar dan panjang fokus yang lebih pendek menghasilkan rasio fokus f/5 yang cepat menjadikan teleskop NexStar ini ideal untuk Astrophotografi sudut lebar atau membuat gambar detail Bulan. Celestron dilengkapi dua buah eyepieces, ditambah finderscope tipe Reddot yang cukup berkualitas dan Tripod Stainless steel yang dapat diatur tingginya.

Mounting dengan sistem Fork-Mount atau Alt-Azimuth ini dilengkapi motor dan kendali komputer untuk mengatur pergerakan Teleskop sehingga dapat mencari obyek dan mengikutinya. Hand control digunakan untuk menyimpan 4000 lebih obyek benda langit serta 100 lebih dapat ditambahkan sendiri oleh pengguna.

Tabung Optik

Bukaan 130mm
Diafragma f/5
Panjang fokus 650mm
Cermin aluminum multicoating meningkatkan transmisi cahaya, penampilan warna, dan kontras
Resolusi: Rayleigh: 1.07 arcsec; Dawes: 0,89 arcsec
Obstruksi Cermin Sekunder: 1,7 inci; 33% dengan diameter; 11% berdasarkan wilayah
Rack-and-pinion focuser
Hand Controller NexStar

4000-objek langit  dan 99 objek tambahan
Mode Tur: otomatis menampilkan objek terbaik berdasarkan tanggal dan lokasi saat melihat
Prosedur Penyesuaian: SkyAlign, Auto 2-star, 1-star, 2-star, Tata Surya
Kecepatan Slew: 2x, 4x, 8x, 16x, 32x, 0,5 ° / detik, 1 ° / detik, 2 ° / detik, 4 ° / detik
Mode tracking: Sidereal, Solar, dan Lunar
Kompensasi Backlash: Trains-out play meningkatkan presisi pelacakan
2-line, 16-karakter / layar LCD; 19 tombol LED serat optik backlit;
Port RS-232 untuk tethering ke komputer untuk remote control
Mounting dan tripod yang kokoh.

Objek berbasis data:

Named Stars: Daftar nama umum dari bintang paling terang di langit
Named Objects: Daftar Abjad dari lebih dari 50 objek Langit paling populer

Asterisme: Daftar unik dari beberapa pola Bintang yang paling dikenal di langit
Bintang Variabel: Pilih daftar bintang variabel paling terang
Bintang Ganda: Daftar Abjad bintang ganda, rangkap tiga, dan empat kali lipat paling populer
Caldwell Catalog: Dengan kombinasi objek NGC dan IC terbaik
Katalog Messier lengkap
Pilih objek NGC
Tata surya, termasuk Bulan, Matahari, Planet dan Rasi Bintang.

Mounting dan Tripod:

Alt-Azimuth fork arm tunggal
Motor servo DC dua sumbu dengan enkoder; 0.26 resolusi motor arcsec
Level gelembung terintegrasi
Berjalan pada delapan baterai AA atau catu daya 12VDC opsional.

Tripod:

  • Kaki stainless steel
  • Tinggi yang dapat disesuaikan memungkinkan mudah digunakan oleh berbagai pengguna
  • Dudukan pengontrol tangan dapat dipindahkan dari satu kaki ke kaki lainnya
  • Baki aksesori tetap terpasang, bahkan ketika dilipat
  • Termasuk Aksesoris

        Eyepieces:
        1,25 "diameter barel
Menerima sebagian besar filter lensa mata Astronomi 1,25 "
        25mm = daya 26x
        9mm = kekuatan 72x.

Finderscope Pointer :

Bidang pandang yang luas dan tidak berubah.
Titik bidik tengah tidak akan mengaburkan objek kecil
Kecerahan yang dapat diatur
Braket pemasangan pas membuat attachment ke OTA cepat dan mudah.

Teleskop Celestron Powerseeker 50AZ



Celestron PowerSeeker Teleskop adalah cara yang bagus untuk membuka keajaiban alam semesta ke calon Astronom. Seri PowerSeeker dirancang untuk memberikan pengguna Teleskop pertama kali kombinasi sempurna kualitas, nilai, fitur dan kekuasaan .

Astronomi amatir adalah hobi keluarga yang dapat dinikmati sepanjang tahun dan PowerSeekers Celestron adalah pilihan ideal untuk sebuah teleskop kualitas terjangkau dan tinggi yang akan memberikan banyak jam kesenangan untuk seluruh keluarga .

PowerSeekers yang cepat dan mudah untuk mengatur, bahkan untuk pemula sekalipun. Tidak ada alat-alat lain yang dibutuhkan untuk perakitan.

Kokoh gunung khatulistiwa mereka sempurna untuk melacak benda-benda di langit malam, dan dilipat gunung alt - azimut sangat cocok untuk terestrial ( tanah ) melihat serta penggunaan Astronomi. Semua PowerSeekers Celestron meliputi berbagai macam Eyepieces ditambah lensa 3x Barlow yang memberikan peningkatan dalam melihat ratusan kekuatan kali lebih besar dibandingkan dengan mata telanjang.

PowerSeekers dirancang dan diproduksi dengan menggunakan kaca semua komponen optik sepenuhnya dilapisi dengan pelapis transmisi tinggi untuk meningkatkan kecerahan gambar dan kejelasan . Tegak Gambar Optik ideal untuk terestrial (tanah) dan Astronomi (Langit) digunakan.

Mencari dan mengidentifikasi ribuan benda-benda langit pada laptop atau PC dengan " The Sky ® " Level 1 perangkat lunak yang disertakan GRATIS dengan setiap model PowerSeeker.

DESKRIPSI BARANG:

  • Mudah di instalasi tidak perlu peralatan khusus
  • Dilengkapi Slow motion controls untuk smooth tracking
  • Erect image optics - Ideal for terrestrial and Astronomical Use
  • Fully coated glass optical components with high transmission coatings for enhanced image brightness and clarity
  • 3x Barlow lens triples the magnifying power of each eyepiece
  • Accessory tray for convenient storage of accessories
  • BONUS Astronomy Software download with a 10,000 object database, printable sky maps and 75 enhanced images.

SPESIFIKASI:

- Aperture (mm) 50 mm (1.97 in)
- Apparent Field of View 1.4 "
- Barlow Lens 3 x
- Finderscope 5x24
- Focal Length 600 mm (24 in)
- Focal Length of Eyepiece 1 ... 20 mm (0.79 in)
- Focal Length of Eyepiece 2 ... 12 mm (0.47 in)
- Focal Length of Eyepiece 3 ... 4 mm (0.16 in)
- Focal Ratio 12
- Highest Useful Magnification 118 x
- Light Gathering Power (Comp... 51 x
- Limiting Stellar Magnitude 11
- Linear Field of View (@1000... 72 ft (22 m)
- Lowest Useful Magnification 7.14 x
- Magnification of Eyepiece 1 30 x
- Magnification of Eyepiece 2 50 x
- Magnification of Eyepiece 3 150 x
- Mount Info: N.A.
- Mount Type Altazimuth
- Optical Design Refractor
- Optical Tube Info: N.A.
- Optical Tube Length 24 in (610 mm)
- Resolution (Dawes) 2.32 arc seconds
- Resolution (Rayleigh) 2.79 arc seconds
- Star Diagonal 0.96"
- Tripod Aluminum
- Warranty 2-year Telescope Warranty.

Free :

- DVD Planetarium Software

- (+ Rp. 500.00) Free Filter Matahari Cap + Adapter.

Teleskop Celestron Powerseeker 60AZ

 

Teleskop Celestron PowerSeeker 60 AZ adalah pilihan terbaik untuk membuka keajaiban alam semesta kepada calon Astronom yang bercita-cita tinggi. Seri PowerSeeker dirancang untuk memberikan pengguna Teleskop pertama kali kombinasi sempurna dari kualitas, nilai, fitur, dan kekuatan. Astronomi amatir adalah hobi keluarga yang hebat yang dapat dinikmati sepanjang tahun, dan PowerSeekers Celestron adalah pilihan ideal bagi keluarga yang mencari Teleskop terjangkau dan berkualitas tinggi yang akan memberikan banyak kesenangan bagi anak-anak dan orang dewasa. PowerSeekers cepat dan mudah diatur, bahkan untuk pemula. Nikmati rakitan bebas alat! Model-model dengan penunjukan EQ memiliki tunggangan khatulistiwa yang kuat yang sempurna untuk melacak objek di langit malam, dan model AZ memiliki tunggangan Alt-Azimuth yang dapat dilipat yang sangat cocok untuk tampilan Terestrial (darat) serta penggunaan astronomi. Semua set optik PowerSeekers dari Celestron mencakup berbagai eyepieces plus lensa 3x Barlow yang memberikan peningkatan daya lihat ratusan kali lebih besar daripada mata tanpa bantuan! PowerSeekers dirancang dan diproduksi menggunakan semua komponen optik kaca berlapis penuh dengan lapisan transmisi tinggi untuk meningkatkan kecerahan gambar dan kejernihan. Erect Image Optics ideal untuk penggunaan Terestrial dan Astronomi.

Spesifikasi :

Aperture60 mm (2.36")
Focal Ratiof/12
Free ShippingYes
ManufacturerCelestron
Mount TypeAlt Azimuth/ Manual
Optical DesignDoublet
OTA Length28"
OTA Mount TypeDobsonian Cradle
Telescope SeriesCelestron Powerseeker
Warranty2 Year Warranty.

Teknologi Teleskop Canggih dan Akurat Untuk Memantau Hilal

Teleskop Celestron Powerseeker 60EQ



Teleskop Celestron PowerSeeker 60 EQ adalah Teleskop pilihan terbaik untuk Astronom amatir pemula yang menyukai keajaiban Alam Semesta. Seri PowerSeeker dirancang untuk memberikan pengguna Teleskop pemula karena memiliki kombinasi sempurna dari kualitas, nilai, fitur dan kekuatan. Astronomi amatir adalah hobi keluarga yang hebat yang dapat dinikmati sepanjang tahun, dan PowerSeekers Celestron adalah pilihan ideal bagi keluarga yang mencari teleskop terjangkau dan berkualitas tinggi yang akan memberikan banyak kesenangan bagi anak-anak dan orang dewasa. PowerSeekers cepat dan mudah diatur - bahkan untuk pemula. Nikmati rakitan bebas alat. Model-model dengan penunjukan EQ memiliki tunggangan khatulistiwa yang kuat yang sempurna untuk melacak objek di langit malam, dan model EQ memiliki tunggangan Equatorial dua sumbu Deklinasi dan Asensio Rekta yang dapat dilipat yang sangat cocok untuk tampilan Terestrial (darat) serta penggunaan astronomi. Semua set optik PowerSeekers dari Celestron mencakup berbagai eyepieces plus lensa 3x Barlow yang memberikan peningkatan daya lihat ratusan kali lebih besar daripada mata tanpa bantuan! PowerSeekers dirancang dan diproduksi menggunakan semua komponen optik kaca berlapis penuh dengan lapisan transmisi tinggi untuk meningkatkan kecerahan gambar dan kejernihan. Erect Image Optics ideal untuk penggunaan Terestrial dan Astronomi.

Spesifikasi :

Aperture 60 mm (2.36")
Focal Ratio f/12
Free ShippingYes
Manufacture rCelestron
Mount Type Equatorial / Manual
Optical Design Doublet
OTA Length 28"
OTA Mount Type Dobsonian Cradle
Telescope SeriesCelestron Powerseeker
Warranty 2 Year Warranty.

Teleskop Celestron Powerseeker 70AZ



Teleskop Celestron PowerSeeker 70 AZ adalah pilihan terbaik untuk membuka keajaiban Alam Semesta kepada calon Astronom yang bercita-cita tinggi. Seri PowerSeeker dirancang untuk memberikan pengguna Teleskop pertama kali kombinasi sempurna dari kualitas, nilai, fitur dan kekuatan. Astronom Amatir adalah hobi keluarga yang hebat yang dapat dinikmati sepanjang tahun dan PowerSeekers Celestron adalah pilihan ideal bagi keluarga yang mencari teleskop terjangkau dan berkualitas tinggi yang akan memberikan banyak kesenangan bagi anak-anak dan orang dewasa. PowerSeekers cepat dan mudah diatur, bahkan untuk pemula. Nikmati rakitan bebas alat! Model-model dengan penunjukan EQ memiliki tunggangan khatulistiwa yang kuat yang sempurna untuk melacak objek di langit malam, dan model AZ memiliki tunggangan Alt-Azimuth yang dapat dilipat yang sangat cocok untuk tampilan Terestrial (darat) serta penggunaan Astronomi. Semua set optik PowerSeekers dari Celestron mencakup berbagai Eyepieces plus lensa 3x Barlow yang memberikan peningkatan daya lihat ratusan kali lebih besar daripada mata tanpa bantuan! PowerSeekers dirancang dan diproduksi menggunakan semua komponen optik kaca berlapis penuh dengan lapisan transmisi tinggi untuk meningkatkan kecerahan gambar dan kejernihan. Erect Image Optics ideal untuk penggunaan Terestrial dan Astronomi.

Spesifikasi :

Optical Design RefractorAperture (mm) 70 mm (2.76 in)
Focal Length 900 mm (35 in)
Focal Ratio 13
Focal Length of Eyepiece 1 (mm) 20 mm (0.79 in)  Magnification of Eyepiece 1 45 x
Focal Length of Eyepiece 2 (mm) 10 mm (0.39 in)   Magnification of Eyepiece 2 90 x
Finderscope Built-on StarPointerStar Diagonal Erect Image Diagonal 1.25Mount Type Altazimuth
Tripod 1.25 steel tube legs
Highest Useful Magnification 165 x
Lowest Useful Magnification 10 x
Limiting Stellar Magnitude 11.7
Resolution (Rayleigh) 1.99 arc seconds
Resolution (Dawes) 1.66 arc secondsLight Gathering Power (Compared to human eye) 100 x
Apparent Field of View 1.1 ar Field of View (@1000 yds) 58 ft (18 m)
Optical Coatings Fully CoatedOptical Tube Length 36 in (914 mm)    

Warranty 2 Year Warranty

Free :

- DVD Planetarium Software
- (+ Rp. 500.00) Free Filter Matahari Cap + Adapter Smartphone.

Telescop Celestron Powerseeker 70EQ


Teleskop berikutnya adalah Teleskop refraktor Celestron Power Seeker 70EQ yang merupakan salah satu Teleskop kelas Semi Pro bagi para pemula. Penyiapan tanpa alat cepat dan mudah, dilengkapi Knob gerakan lambat untuk pelacakan halus, Citra yang dihasilkan tegak karena adanya Erecting Prisma sehingga ideal untuk penggunaan pengamatan lanscape maupun langit/astronomi. Lensa optik kaca berlapis penuh dengan coating transmisi tinggi untuk meningkatkan kecerahan dan kejernihan gambar. Kelengkapan barlow 3x memungkinkan penambahan pembesaran 3x bagi setiap eyepieces yang digunakan. Penampan aksesori untuk penyimpanan aksesoris yang nyaman, BONUS Astronomy Software dengan 10.000 objek database, peta langit yang dapat dicetak.

Spesifikasi:

Optical Disain : Refraktor
Aperture : 70 mm
Fokus : 700 mm
Rasio : f/10
Eyepices : 20 mm dan 40 mm
Barlow : 3x
Limit : mag 11.7
Berat : 9 kg.

Teleskop Celestron Skyprodigy 102 Computerized



Teleskop Celestron Sky Pyrodigy 102 Computerized Goto INI adalah seri Teleskop yang menggunakan Teknologi terkini. Mengkombinasikan antara Motor Elektronik, Digital Kamera dan Teknologi StarSense untuk menciptakan sebuah Teleskop yang canggih namun sangat mudah dioperasikan. Sebuah Teleskop yang cerdas untuk melihat keadaan awan, Rasi Bintang atau Bulan. Koleksi pilihan ini dapat digunakan sebagai sarana yang baik untuk belajar, berbagi informasi atau dapat digunakan untuk para Astronom Profesional. Sangat cocok untuk keperluan Labratyorium IPA dan Astronomi. Juga sangat cocok digunakan untuk kegiatan Rukyatul Hilal karena Teleskop ini dapat secara otomatis mengarah ke posisi Hilal. Unit dilengkapi dengan Adapter kamera yang dapat menyambung kamera DSLR, Poket maupun Kamera Ponsel.

SPESIFIKASI :

Desain optikal : Refractor
Aperture (mm) : 102 mm
Telescope Type : Computerized (GOTO)
Focal Length : 660 mm (26 in)
Finderscope : StarPointer
Mount Type : Motorized Altazimuth
Tripod : stainless steel
Optical Coatings : Fully Multi Coated
Dilengkapi 10,000 objek database.

Teleskop Celestron SkyScout Scope 90



Teleskop Clestron Skyscout 90 adalah teleskop yang Dirancang khusus untuk digunakan dengan Celestron SkyScout® Personal Planetarium®, SkyScout® Scope 90 baru mudah diatur, hampir bebas perawatan dan dilengkapi optik presisi Celestron. Cukup lampirkan SkyScout® ke dudukan yang dirancang khusus untuk mencari dan mengidentifikasi objek Langit. Setelah SkyScout® menemukan atau mengidentifikasi objek, inilah saatnya untuk membawa pengalaman surgawi Anda ke tingkat berikutnya dan menggunakan SkyScout® Scope untuk mengungkap keajaiban alam semesta.

Memasang dan menyelaraskan SkyScout Personal Planetarium mudah dengan pemasangan yang dirancang khusus. Tidak diperlukan alat. SkyScout Scope memiliki pegangan yang nyaman dengan kopling internal untuk penargetan yang mudah dan gerakan yang halus. Gaya gunung ini sangat bagus untuk melihat alam dan benda-benda langit.

Dilengkapi prisma pembvalik dan finderscope 6x30 dengan braket rilis cepat. Dirancang dengan bahan non-magnetik yang tidak mengganggu sensor SkyScout Cepat dan mudah tanpa pengaturan alat 90mm desain optik refraktor dengan semua kaca optik berlapis dan panjang fokus 660mm (f / 7) untuk gambar yang jernih dan jernih, gambar yang jelas Ereksi gambar 6x30 finderscope dengan cepat braket pelepas Optik gambar tegak ideal untuk penggunaan Terestrial dan Astronomi Kontrol tuas pegangan dengan kopling untuk penunjuk yang halus dan akurat Tripod yang telah dirakit sebelumnya dengan kaki tabung baja stainless 1,25 "menyediakan platform tampilan yang kaku dan stabil Baki aksesori untuk penyimpanan aksesori yang nyaman Braket disesuaikan untuk memegang SkyScout (Planetarium Pribadi SkyScout dijual terpisah).

SPESIFIKASI TEKNIS:

DESAIN OPTIK: Refraktor
Bukaan: 90 mm (3,54 in)
PANJANG FOKAL: 660 mm (25,98 in)
EYEPIECE 1: 40 mm (1,57 in)
MAGNIFIKASI 1: 16.5 x
EYEPIECE 2: 10 mm (0,39 in)
MAGNIFIKASI 2: 66 x
MOUNT: Altazimuth
COATING OPTIK: Dilapisi Penuh
FINDERSCOPE: 6x30 Gambar Tegak
STAR DIAGONAL: Gambar Tegak diagonal -1.25 "
CD ROM: The Sky L1
MAGNIFIKASI BERMANFAAT TERTINGGI: 213 x
MAGNITUDE STELLAR PEMBATASAN: 12.3
RESOLUSI: 1,54 detik busur
POWER RESOLVING: 1,29 detik busur
POWER GATHERING GATHERING: 165 x
LAPANGAN ANGULAR TAMPILAN: 3 °
LAPANGAN LAPANGAN LINEAR (@ 1000 YDS): 158 kaki (48,16 m)
PANJANG TABUNG OPTIK: 25 in (635 mm)
BERAT: 20 lb (9,07 kg).

Teknologi Teleskop Canggih dan Akurat Untuk Memantau Hilal

Teleskop Celestron Travelscope 60


Telesckope Celestron Travel Scope 60 adalah teleskop Refraktor yang taktikal untuk pengamatan landscape maupun Astronomi saat bepergian. Kemampuannya yang dapat melihat Planet, Bulan, gugusan bintang dan objek langit yang lebih terang seperti Nebula Orion dan Galaksi Andromeda di malam hari. gambar yang dihasilkan tegak karena fungsi Prisma diagonal yang disertakan membuat teleskop ideal untuk digunakan sebagai pelengkap perjalanan kita. Menyiapkan teleskop ini sangat mudah dan akan membuat Anda mengamati dalam waktu singkat. Bahkan pada saat pertama kali keluar, Anda dapat merakit Teleskop dan aksesorinya hanya dalam waktu singkat. beberapa menit. Kaki tripod yang dapat disesuaikan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan ketinggian teleskop atau meletakkannya di permukaan yang tinggi seperti meja piknik. Kit teleskop total berbobot hanya dengan 2 kiloan yang dikemas dalam tas gendong yang menyenangkan.

Spesifikasi:

Dimensions : 18 x 7 x 14 inches
Aperture : 60 mm refractor telescope
Eyepieces : 20 mm dan 10 mm
Diagonal : 45° erect image diagonal
Finderscope : 5x24 finderscope
Tripod : Aluminum Tripod Alt-Azimuth

Teleskop Celestron Travelscope 70



Teknologi Teleskop Canggih berikutnya adalah Teleskop Celestron Travelscope 70. Teleskop ini Memiliki performa tinggi dalam desain yang ringkas dan portabel Teleskop kecil dengan perbesaran 40x yang kuat Refraktor teleskop dengan mount alt-az yang berfungsi dengan baik. Teleskop & tripod pas di dalam ransel khusus dilengkapi 2 eyepieces termasuk: 20mm (20x mag.), 10mm (40x mag.)

Deskripsi

Teleskop ini dirancang dengan mempertimbangkan perjalanan sambil menawarkan nilai yang luar biasa. Celestron Travel Scope 70 terbuat dari bahan berkualitas tinggi untuk memastikan stabilitas dan daya tahan. Semua ini menambah teleskop yang memberi Anda kesenangan seumur hidup dengan jumlah perawatan minimal. Menampilkan desain yang ringkas dan portabel dengan kinerja Optik yang cukup, Travel Scope sangat ideal untuk observasi Astronomi Terrestrial maupun Kasual.

Fitur

Semua elemen optik kaca dilapisi untuk gambar yang jernih dan tajam. Dilengkapi Prisma diagonal sehingga pandangan Anda diorientasikan dengan benar Kelancaran Mount Alt-Azimuth berfungsi dengan mudah menunjuk ke objek yang terletak.
Preassembled Aluminium Tripod fotografi ukuran penuh memastikan platform yang stabil. Pengaturan alat yang cepat dan mudah.
Teleskop dan tripod pas di dalam ransel khusus untuk memudahkan perjalanan dan penyimpanan.

Dimensi & Spesifikasi

- Bukaan : 70mm
- Eyepiece 1 20mm (20x)
- Fitur Alt-Az Mount
- Finderscope 5x24
- Panjang Fokus 400mm
- Focal Ratio f / 5.71
- Pembesaran 40x
- Kode Ukuran Lensa Objektif 70
- Optical Design Refracting Telescopes
- Rekomendasi Penggunaan Melihat Planet Melihat Bulan
- Teleskop Seri Celestron Travel Scope Telescopes
- Tingkat Pengguna Untuk Anak-Anak
- Garansi 2 Tahun Terbatas
- Berat netto 5 kg

Teleskop Meade Infinity 70AZ


Teleskop Meade Infinity 70 Alt-Azimuth diperuntukan bagi mereka para Pemula dalam Astronomi amatir. Dengan bentuknya yang simpel dan tidak terlalu berat Teleskop ini menjadi sarana awal mereka belajar mengenal fungsi dan kegunaan Teleskop.

Spesifikasi:  

Diamete lensa utana: 70mm. Panjang Fokus: 700mm. Rasio Fokus: f / 10. Rack-and-Pinion Focuser. Altazimuth mount dengan knob gerakan lambat untuk pelacakan yang presisi.  Eyepices perbesaran rendah (26mm) dan tinggi (9mm) memberi anda variasi untuk setiap situasi penglihatan & lensa barlow 2X akan menggandakan kekuatan pembesaran setiap eyepices. Red dot finder membantu Anda mengarahkan ruang lingkup ke objek yang ingin Anda amati & rak penyimpan aksesori sambil mengamati. Termasuk CD Software Planetarium dan petunjuk penggunaan. 

Teleskop Mini Toys 50


Teleskop Mainan Toys 50 mm dengan dudukan Altitude dan Azimuth 360 derajat dan memiliki 3 eyepices dengan pembesaran 20X 30X dan 40X serta dilengkapi tripod. Hanya ini hanya boleh dimainkan oleh anak usia di atas 5 tahun sebagai sarana edukasi pembelajaran prinsip-prinsip fisika optika.

Features:

    Material: Plastic
    Size: 47cm x 45cm
    Objective Diameter: 50 mm
    Product Type: Telescope Toy
    Telescrope Magnification: 20X, 30X, 40X

    Age Range: > 5 Years Old 

Teleskop Rukyat Prolunar-3


Teleskop Rukyat Prolunar-3 merupakan Teleskop goto dengan budget menengah untuk keperluan Rukyatul Hilal atau pengamatan Bulan Sabit. Unit terdiri dari tabung Teleskop dengan lensa Acromat berdiameter 90 mm dengan p[anjang fokus 500 mm dan mounting tipe ekuatorial goto EQ5 Pro yang cukup presisi sehingga menjadikan paket ini "Low Butget High Performa". Unit juga dilengkapi dengan Finderscope dan Focusser jenis Crayford yang dapat bergerak dengan halus sehingga proses focusing terasa lebih nyaman dan presisi. Flip mirror diagonal memungkinkan kita dapat memasang 2 perangkat penangkat pada satu waktu seperti kamera DLSR dan Eyepices secara bersamaan. Teleskop ini cocok untuk kegiatan rukyat baik bagi Lembaga Pendidikan, Pesantren, lembaga Falakiyah maupun amatir perorangan. 

Teleskop Rukyat Vixen Pro-1


Teleskop Rukyat Vixen Pro-1 merupakan Teleskop rukyat dengan budget menengah ke atas. Teleskop ini terdiri dari sistem teleskop komputer go-to dengan tabung Optik berkualitas dan sistem penggerak Mounting presisi produksi Jepang. Sistem Mounting yang digunakan merupakan sistem Mounting terbaru dengan Hand Control berupa Piranti Starbook Ten yang dapat menampilkan objek benda-benda langit. Teleskop ini dapat disambungkan dengan perangkat eyepice maupun pencitra baik kamera, CCD sehingga memungkinkan gambar Dishare secara live dan online. Dilengkapi dengan teleskop Finder dan Flip Mirror yang memungkinkan penggunaan perangkat pencitra dan penglihatan eyepice dapat bekerja cepat bergantian dengan memindah mirror. Teleskop ini juga dapat disambungkan dengan Laptop atau PC sebagai pengontrol gerak teleskop menggunakan software peta langit. Di Indonesia teleskop Vixen digunakan sebagai teleskop standard untuk Rukyat di Kementerian Agama, BMKG dan LAPAN serta beberapa komunitas Rukyat di Indonesia. Teleskop ini terbukti handal dan sering mendapatkan citra Hilal saat Rukyatul Hilal.

Teleskop Skywatcher Evostar 909AZ



Teleskop Skywatcher Evostar 90 adalah Teleskop jenis refraktor dengan Mounting Alt-Azimuth. Teleskop ini diproduksi oleh Skywatcher USA. Merupakan Teleskop Manual Standard untuk keperluan pengamatan Astronomi meliputi Bulan, Planet, Nebula, Galaksi dan termasuk pengamatan Matahari secara aman menggunakan tambahan alat Solar Filter. Teleskop yang memiliki pembesaran hingga 90x ini mampu menguatkan dan membesarkan obyek yang oleh mata mungkin terlihat sangat samar. Dengan teleskop ini dan menggunakan Kamera poket maupun kamera DSLR dapat dilakukan pemotretan baik dalam bentuk foto maupun video menggunakan adapter berupa T-Ring Adapter maupun Universal Camera Adapter. Teleskop dilengkapi 2 buah eyepices 25mm dan 10 mm. Bonus : 1. Software Planetarium Starrynight 2. Filter Matahari.

Spesifikasi :

  • Optical Design: Achromatic Refractor
  • Effective Aperture: 90m Focal length (Focal ratio): 900mm (f/10)
  • - Resolving Power: 1.45 arc sec
  • Limiting Magnitude: 11.3
  • Tube Diameter, Length, Weight: 90mm x 860mm; 2.5kg
  • - Finderscope: 6 x 30
  • - Thread/Visual Back size 42mm threaded for T-Ring / 37mm push-fit
  • - Eyepieces (magnification): 25mm (36x), 10mm (90x)
  • Mount: AZ-3 Altazimuth
  • Tripod, Adjustable Length: Two section Aluminium
  • Accessories: Triangle metal Tray, Diagonal Prism, Counterweight
  • Total Weight: 15 kg
  • Size Box : 100x45x25 cm

Telah menggunakan teleskop ini :
1. Jogja Astro Club (JAC)
2. STIS Kebumen
3. Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta
4. STKIP Nurul Huda Oku Sumsel
5. Himpunan Astronomi Amatir Aceh
6. SMA Negeri 1 Bantul
7. FIAI UII
8. Badan Hisab Rukyat (BHR) NTT
9. Sekolah Alam SD Mangunan Yogyakarta
10. Tim Pembina Olimpiade Astronomi dan Kebumian
11. Dan lain-lain

Free :
- DVD Planetarium Software.

Teknologi Teleskop Canggih dan Akurat Untuk Memantau Hilal

Teleskop Skywatcher Evostar 909EQ2



Teleskop Skywatcher Evostar 909 Eq2 adalah Teleskop jenis refraktor dengan ounting Equatorial. Teleskop ini diproduksi oleh Skywatcher USA dan merupakan teleskop manual standard untuk keperluan pengamatan astronomi meliputi Bulan, Planet, Nebula, Galaksi dan termasuk pengamatan Matahari secara aman menggunakan tambahan alat Solar Filter maupun teknik proyeksi. Teleskop yang memiliki pembesaran hingga 180x ini mampu menguatkan dan membesarkan obyek yang oleh mata mungkin terlihat sangat samar dan sangat kecil. Dengan Teleskop ini baik menggunakan kamera poket, DSLR maupun smartphone dapat dilakukan perekaman baik dalam bentuk foto maupun video menggunakan adapter berupa T-Ring Adapter, Universal Camera Adapter maupun smartphone adapter terhadap obyek langit tersebut. Teleskop jenis ini sangat direkomendasikan dimiliki oleh Laboratorium IPA SMP/SMA maupun Perguruan Tinggi dan merupakan teleskop standard Pelatihan Olimpiade Sains nasional bidang Astronomi dan Kebumian, para Pemula yang memiliki hobi Astronomi dan para Astrofotografer.

Paket Include:

1. Unit Tabung Teleskop
2. Unit tripod
3. Mounting EQ2
4. Finderscope 6x30
5. Diagonal mirror
6. Eyepices 25mm
7. Eyepieces 10 mm
8. Toolset
9. CD Software Planetarium
10.User Manual

Spesifikasi :

  • Optical Design: Achromatic Refractor
  • Effective Aperture: 90mm
  • Focal length (Focal ratio): 900mm (f/10)
  • Resolving Power: 1.45 arc sec
  • Limiting Magnitude: 11.3
  • Tube Diameter, Length, Weight: 90mm x 860mm; 2.5kg
  • Finderscope: 6 x 30
  • Thread/Visual Back size 42mm threaded for T-Ring / 37mm
  • Magnifiation : 37 ~ 180 x
  • Mount: EQ2 Equatorial - Tripod, Adjustable Length: Two section Aluminium
  • Accessories: Triangle metal Tray, Diagonal Prism, Counterweight
  • Total Weight: 15 kg
  • Size Box : 100x45x25 cm

Free : White Covering Body - tabung jadi berwarna putih (jika diminta)

Optional Accessories

1. Filter Matahari
2. Filter Bulan
3. Adapter smartphone
4. Adapter DSLR
5. Barlow lens
6. Focal Reducer Lens
7. Tas Tripod dan Tas Teleskop
8. Single Axix Motordrive EQ2
9. Dual Axis Motordrive EQ2
10. Peta bintang
11. Star Laser Pointer

Berikut beberapa Lembaga yang telah menggunakan teleskop ini :
1. Badan Hisab Rukyat (BHR) NTT
2. Sekolah Alam SD Mangunan Yogyakarta
3. Tim Pembina Olimpiade Astronomi dan Kebumian DIY
4. SMA N 7 Purworejo
5. UIN Alaudin Makassar
6. IAIN Lhokseumawe Aceh
7. Jogja Astro Club (JAC)
8. STIS Kebumen
9. Universitas Ahmad Dahlan
10. STKIP Nurul Huda Oku Sumsel
11. Himpunan Astronomi Amatir Aceh
12. SMA Negeri 1 Bantul
13. FIAI UII Yogyakarta  

Dan Bagi yang berminat untuk memesan Produk-produk tersebut, silahkan langsung saja Klik disini.

Mungkin Anda ingin mencoba membuat Teleskop sendiri?, silahkan ikuti panduannya disini

Demikian produk-produk Teknologi Teleskop Canggih dan Akurat Untuk Memantau Hilal yang dapat kami sampaikan dalam kesempatan kali ini, 

Source: mmcjogja.com

Buka Komentar