Pengertian Kulminasi dan Meridian Pass

Pembahasan yang diangkat pada kesempatan ini adalah Pengertian Kulminasi dan Meridian Pass, dimana keduanya sangat berperan penting  dan bahkan keduanya merupakan pondasi waktu yang digunakan dalam penentuan waktu Shalat.


Pengertian Kulminasi dan Meridian Pass

Pengertian Kulminasi 

Kulminasi atau yang dalam bahasa Arabnya disebut الغاية dan dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Culmination of the Sun adalah suatu istilah yang digunakan untuk menyebut bahwa pada saat itu suatu benda Langit (dalam hal ini Matahari) telah mencapai titik tertinggi dalam peredaran semu hariannya. Hal ini terjadi pada saat benda Langit tersebut berada pada lingkaran Meridian, diukur mulai dari titik Utara (bila benda langit tersebut berada di sebelah Utara titik Zenith) atau dari titik Selatan (bila benda lanit tersebut berada di sebelah Selatan titik Zenith) sampai ke titik pusat benda langit yang sedang berkulminasi tersebut atau titik Kulminasi benda langit itu sendiri.

Dan perlu diketahui bahwa Kulminasi  ada 2 macam ;
  1. Kulminasi Bawah, yaitu saat Matahari berada di titik tertinggi pada peredaran semua hariannya dan berada di atas Ufuk (cakrawala) sang Pengamat, saat itu menunjukkan jam 12 siang waktu setempat.
  2. Kulminasi atas, yaitu saat Matahari berada di titik tertinggi pada peredaran semua hariannya dan berada di bawah Ufuk (cakrawala) sang Pengamat, saat itu menunjukkan jam 12 malam waktu setempat.
Patokan waktu dalam perhitungan waktu Shalat sistem Ephimeris adalah Kulminasi atas yaitu ditetapkan  jam 12 Siang waktu setempat, yang kemudian menjadi jam 12 Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan Waktu Indonesia Timur (WIT).

Pengertian Kulminasi dan Meridian Pass

Meridian Pass

Meridian Pass (MP) atau juga sering disebut Meridian Passage dikaitkan dengan posisi Tengah Hari (Noon Position) yang merupakan patokan dalam laporan posisi, perhitungan kecepatan dan jarak. 

Secara Empiris menunjukkan bahwa saat Mer.Pass tidak selalu tepat jam 12.00 (posisi Noon), sehingga diperlukan pergeseran maju atau mundur dari posisi Meridian Pass ke posisi Noon.

Dalam perhitungan waktu Shalat rumus yang digunakan untuk menentukan Meridian Pass adalah sebagai berikut ;

MP
= Kulminasi - Perata Waktu Matahari (+/-)

Contoh Meridian Pass tanggal 17 Agustus ;

12 - -00 : 04 : 02 
=12 : 04 : 02 (Meridian Pass)
          
Sekian uraian singkat tentang Pengertian Kulminasi dan Meridian Pass, mudah-mudahan dapat memberikan pencerahan.

Terima kasih.
Buka Komentar