Cara Menghitung Mail Al-Awal, Bu'du Al-Quthr dan Ashlu Al-Mutlaq

Artikel yang sedang Anda baca ini akan membicarakan  tentang Cara Menghitung Mail Al-Awal, Bu'du Al-Quthr dan Ashlu Al-Mutlaq dengan menggunakan Kalkulator Scientific dan Rubu' Al-Mujayyab.

Mail Al-Awal



Kita dapat langsung mendapatkan data Mail Al-Awal (Deklinasi Matahari) dengan mengunjungi Artikel Jadwal Deklinasi dan Perata Waktu Matahari.
Namun pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari tentang cara menghitungnya secara manual dengan menggunakan Kalkulator Scientific dan Rubu' Al-Mujayyab.

Mail Al-Awal Positif dan Negatif

Apabila posisi Matahari berada di sebelah Utara katulistiwa (Equator), maka Mail Al-Awal (Deklinasi Matahari) bernilai Positif (+), sedangkan apabila Posisi Matahari berada di sebelah selatan Katulistiwa, maka Mail Al-Awal bernilai Negatif (-).

Ditetapkan bahwa pada tanggal 21 Maret hingga tanggal 22 September, Matahari berada di sebelah Utara Equator (katulistiwa) atau yang disebut Syimali, berarti menunjukkan bahwa Mail Al-Awal pada tanggal tersebut bernilai positif (+), sedangkan dari tanggal 23 September sampai tanggal 20 Maret Matahari berada di sebelah Selatan Equator (Janubi) maka menunjukkan bahwa Mail Al-Awal pada tanggal tersebut bernilai negatif (-)

Menghitung Mail Al-Awal dengan Kalkulator

Sebelum menghitung Mail Al-Awal ini, ada baiknya kembali mencermati Artikel Cara Menghitung Derajat Matahari., mengingat setiap Buruj memiliki 30¤, maka yang di pakai adalah mulai 00¤ sampai 359¤, terhitung dari 00¤ yaitu 21 Maret (Buruj Haml) dan seterusnya. Hal ini penting dilakukan karena data yang sangat diperlukan dalam menghitung Mai Al-Awal adalah data Derajat Matahari.

Adapun Rumus yang digunakan untuk menghitung Mail Al-Awal (MA) dengan Kalkulator adalah sebagai berikut ;

Contoh mengetahui Mail Al-Awal tanggal 20 Juli.

1. Mengetahui Derajat Matahari

Rumus:
Tanggal Masehi + Tafawut
20 + 7 = 27` Buruj Sarathan (Utara Katulistiwa)

2. Mengetahui Mail Al-Awal (MA)

MA =
Sin Bu'du Ad-Darajah  × 23¤ 52' : 60
= sin 117¤ × 23¤ 52' 00" : 60
= 20¤ 45' 29,02"
= 20¤ 45'

Cara pencet Kalkulator Real Max LK ;
Shift sin ( sin 117¤ × 23¤ 52' 00" : 60)

Maka Mail Al-Awal pada tanggal 20 Juli adalah 20¤ 45' 29,02" (Dua Puluh Derajat Empat Puluh Lima Sudut Menit Dua Puluh Sembilan Koma Dua Sudut Detik) atau digenapkan menjadi 20¤45'.

Keterangan ; 
Data 23¤ 52' 00" adalah merupakan data Muri yang dikonstankan untuk penghitungan menggunakan Kalkulator Scientific.

Menghitung Mail Al-Awal dengan Rubu' Al-Mujayyab

Cara Pertama

ضع الخيط على الستينى وعلم بالمرى (كح) جيبا و (نب) دقيقة من أجزائه المستوية، ثم انقل الخيط الى درجة الشمس، فما تحت المرى من الجيوب المبسوطة هو جيب الميل الاول قوسه تجد المطلوب وهو تابع 
لدرجة الشمس فى الجهة

Letakkan  khaith pada Sittini dan Muri ditepatkan pada Jaib Mail Al-A'dham 23¤ 52', lalu khaith dipindahkan ke Darajatus Syams, dimana nilai yang terletak di bawah Muri adalah Jaib dari Mail Awal dan selanjutnya tinggal di Qauskan dan hasilnya adalah Mail Al-Awal.

Untuk mengetahui cara Menjaibkan Qaus dan Meng Qauskan Jaib Silahkan lihat disini.

Cara kedua

Menghitung Mail Al-Awal dengan Rubu' Al-Mujayyab memerlukan data Derajat Matahari sama dengan menggunakan Kalkulator.

Berikut langkah mudah yang dilakukan  ;
  • Letakkan Khaith (Benang) pada 20¤ Buruj Sarathan (Cancer) dihitung dari Akhir Qaus Al-Irtifa' ke Kanan.
  • Geser Khaith ke Kanan sampai 7¤ (Tafawut), dengan ini telah berhasil mendapatkan data Darajatu Al-Syams (Derajat Matahari) Tanggal 20 Juli, yaitu 27¤  Buruj Sarathan.
  • Cermati Dairah Al-Mail Al-A'dham yang dilalui Khaith, lalu Telusuri Garis Al-Juyub Al-Mabsuthah yang berada di Bawah Khaith saat tepat melintasi Dairah Al-Mail Al-A'dham sampai ke Qaus Al-Irtifa'.
  • Pindahkan Khaith ke titik tersebut
  • Kemudian Hitung dari Awal Qaus Al-Irtifa'.
Maka akan menghasilkan Data Mail Al-Awal Tanggal 20 Juli, yaitu sebesar 20¤ 45' 29,02"= 20¤ 45'.

Cara Menghitung Mail Al-Awal, Bu'du Al-Quthr dan Ashlu Al-Mutlaq

Tabel Buruj, Tafawut Al-Bu'di, Bulan, Arah Hilal dan Tafawut

Kode | Buruj
Tafawut
Bulan 
Arah Hilal
Tafawut 
Al-Bu'di
01
ثور | Taurus
  9 
Mei
Di Utara
39
02
جوزاء| Gemini
 9
Juni
Di Utara
69
03
سرطان | Cancer 
7
Juli
Di Utara
97
04
أسد | Leo
 7
Agustus
Di Utara
127
05
سبلة | Virgo
September
Di Utara
157
06
  ميزان |Libra
6
Oktober
Di Selatan
186
07
عقرب | Scorpio
 7
Nofember
Di Selatan
217
08
قوس | Sagitarius
7
Desember
Di Selatan
247
09
جدي  | Capricorn
9
Januari
Di Selatan
279
10
دلو | Aquarius
  10
Februari
Di Selatan
310
11
حوت | Pisces 
8
Maret
Di Selatan
338
12 | 0
حمل | Aries
 10
April
Di Utara
10

Silahkan lihat Video tutorial mengenai Cara Mengetahui Mail Al-Awal di bawah ini ;




Bu'dul Al-Quthr






Bu'dul Al-Quthr adalah Jarak  atau busur sepanjang lingkaran vertikal suatu benda Langit yang dihitung dari garis Tengah lintasan benda Langit sampai Ufuk.

Dalam pengertian lain dijelaskan bahwa Bu'du Al-Quthr  merupakan busur yang di hitung dari Ufuk tempat Matahari terbit atau Terbenam sampai dengan garis Tengah lintasan Matahari yang membagi lintasan tersebut menjadi Dua bagian sama besar, yaitu bagian atas dan bagian bawah.

Apabila antara Mail Al-Awal dan Lintang Tempat | عرض البلد (LT) Ittifaq (sama-sama Negatif atau Positif), maka Bu'dul Al-Quthr berada di atas Ufuk atau Positif.

Sedangkan apabila ikhtilaf (beda), maka Bu'dul Al-Quthr berada di bawah Ufuk dan diberi Tanda Negatif (-).

Keterangan lebih lanjut mengenai Ittifaq dan Ikhtilaf, silahkan klik disini.

Cara Menghitung Mail Al-Awal, Bu'du Al-Quthr dan Ashlu Al-Mutlaq

Menghitung Bu'du Al-Quthr dengan Kalkulator

Rumus menghitung Bu'du Al-Quthr (BTR) Tanggal 20 Juli dengan menggunakan Kalkulator Scientific  adalah sebagai berikut;

BTR  
= sin Mail Al-Awal × sin Lintang Tempat × 60
= sin MA × sin LT × 60
= sin 20¤ 45' 29,02" × sin -06¤ 71' 00" × 60
= - 02¤ 39' 55"

Nilai minus (-) tersebut menunjukkan bahwa Bu'dul Al-Quthr berada di bawah ufuk.

Menghitung Bu'du Al-Quthr dengan Rubu' Al-Mujayyab

Cara Pertama

ضع الخيط على الستينى وعلم بالمرى على جيب عرض البلد، ثم انقل الخيط الى الميل الاول، فما تحت المرى من الجيوب المبسوطة هو بعد المطلق. فان لم يوجد الميل او العرض لم يوجد بعد القطر.
(الدروس الفلكية 1 ص : 9)
Letakkan khaith pada Sittini, Muri ditepatkan pada Ardlu Al-Balad (Lintang Tempat), lalu pindahkan khaith pada Mail Al-Awal, maka nilai yang di bawah Muri adalah Nilai Bu'du Al-Quthr. Kemudian apabila tidak ada Mail Al-Awal dan Ardlu Al-Balad tentunya tidak ada Bu'du Al-Quthr. 

Ashlu Al-Mutlaq

Al-Ashlul Mutlaq atau Al-Ashlul Haqiqi adalah Jarak yang dihitung dari titik Kulminasi atas sampai titik pertemuan antara garis Horizon dengan garis Tengah lintasan Matahari yang menghubungkan titik Kulminasi atas dengan titik Kulminasi Bawah, Ashlu Al-Mutlaq selamanya selalu positif, yaitu selalu di atas Ufuk.

Menghitung Ashlu Al-Mutlaq dengan Kalkulator

Adapun cara menghitung Ashlu Al-Mutlaq (ASM) Tanggal 20 Juli dengan menggunakan Kalkulator Scientific adalah sebagai berikut;

ASM 
= cos MA × cos LT × 60
= cos 20¤ 45' 29,02" × cos -06¤ 71' 00" × 60
= 55¤ 39' 53,13"

Menghitung Ashlu Al-Mutlaq dengan Rubu' Al-Mujayyab

Cara Pertama

ضع الخيط على الستينى وعلم بالمرى على جيب تمام العرض ثم انقل الجيط الى تمام الميل. فما تحت المرى من الجيوب المبسوطة هو الاصل المطلق. فان لم يوجد الميل او العرض فجيب تمام ما وجد هو الاصل المطلق  فان لم يوجدا فالاصل المطلق س

Letakkan Khaith pasa Sittini dan Muri diletakkan tepat pada Jaib At-Tamam 'Ardlu Al-Balad (Lintang Tempat)   atau 90¤ - Ardlu Al-Balad, lalu pindahkan Khaith pada Tamam Mail Al-Awal atau 90¤ - Mail Al-Awal, maka nilai yang terdapat di bawah Muri adalah Ashlu Al-Mutlaq.
Apabila tidak ada nilai dari Mail Al-Awal atau Ardlu Al-Balad, maka Ashlu Al-Mutlaqnya adalah Jaib At-Tamam dari nilai yang ada. Dan apabila tidak ada Mail Al-Awal atau Ardlu Al-Balad, maka Ashlu Al-Mutlaqnya adalah 60¤.

Menghitung Bu'du Al-Quthr dan Ashlu Al-Mutlaq dengan Rubu' Al-Mujayyab untuk Cara Kedua

  • Letakkan lurus Khaith di Posisi عرض البلد  atau Lintang Tempat (LT) dihitung dari Awal Qaus Al-Irtifa', misalkan daerah Cirebon Lintang Tempatnya -6¤ 71' 00", maka Khaith diletakkan di 6¤ lebih.
  • Tempatkan Muri yang Atas tepat di Posisi Al-Tajyib Al-Awal yang dilalui Khaith
  • Lalu Muri yang Bawah ditempatkan pada Al-Tajyib al-Tsani yang dilintasi Khaith
  • Selanjutnya pindahkan Khaith ke Posisi Mail Al-Awal (untuk tanggal 20 Juli adalah 20¤ 45' 29,02") dihitung dari Awal Qaus Al-Irtifa'.
  • Hitunglah kotak kecil dari titik Muri yang Atas ke Kanan sampai Garis Jaib Al-Tamam, hasilnya adalah Data Bu'du Al-Quthr Tanggal 20 Juli, yaitu - 02¤ 39' 55".
  • Lalu Telusuri Al-Juyub Al-Mankusah dari titik letak Muri yang Bawah sampai ke Garis Jaib Al-Tamam, titik itu menunjukkan Ashlu Al-Muthlaq Tanggal 20 Juli,  yaitu 55¤ 39' 53,13" = 55¤ 40'.
Memang angka yang dihasilkan dari Rubu' Al-Mujayyab dalam perhitungan di atas mungkin tidak dapat sedetail dengan menggunakan Kalkulator, namun selisih yang ada tidaklah signifikan

Berikut Video tentang Cara Mengetahui Bu'du Al-Quthr dan Ashlu Al-Mutlaq yang dapat Anda lihat ;


Untuk mengetahui keterangan tentang Pengertian Daqaiqu At-Tamkiniyah dapat diakses melalui link ini.

Silahkan Simak juga kelanjutan Artikel ini di Rumus Menghitung Nisfu Qaus An-Nahar, Nisfu Al-Fudlah, Al-Irtifa' dan Ghayah Al-Irtifa

Demikianlah artikel tentang Cara Menghitung Mail Al-Awal, Bu'du Al-Quthr dan Ashlu Al-Mutlaq dengan menggunakan Kalkulator Scientific dan Rubu' Al-Mujayyab, mudah-mudahan bermanfaat.
Buka Komentar