Pengertian, Sasaran, Manfaat dan Keunggulan Ilmu Falak

بسم الله الرحمن الرحيم


Segala Puji milik Allah Tuhan Semesta Alam. Kasih Sayang serta penghormatan (Rahmat Ta'dhim) dan keselamatan semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW. dan kepada para keluarganya serta para Shahabatnya.
Pada Artikel ini, kami akan menyampaikan sebuah pembahasan nengenai Pengertian, Sasaran, Manfaat dan Keunggulan Ilmu Falak, dimana keempat konsep tersebut merupakan bagian dari 10 Konsep Dasar setiap Disiplin ilmu (Fan).

Pengertian, Sasaran, Manfaat dan Keunggulan Ilmu Falak

Bagi Pelajar Ilmu Falak tingkat Dasar, tentunya terlebih dahulu harus menguasai beberapa Materi di bawah ini ;
  • Apa yang dimaksud dengan ilmu Falak?
  • Apa saja ruang lingkup ilmu Falak?
  • Apakah nama lain dari ilmu Falak?
  • Mengapa perlu mempelajari ilmu Falak?
  • Hukum MEMPELAJARI ilmu falak
  • Sejarah ilmu Falak
  • Hadits tentang ilmu falak
  • Kegunaan ilmu Falak
  • Nama lain ilmu falak
  • Ruang lingkup Ilmu Falak
  • Sejarah singkat ilmu falak
Dan seyogyanya setiap orang yang hendak mempelajari suatu Fan (disiplin) ilmu, dapat menggambarkan dan mengenal fan tersebut sebelumnya, agar nanti pada tahap pembelajarannya dapat dengan sungguh-sunguh dan sepenuh hati. Sehingga ke depannya akan mendapatkan hasil yang baik dan kesuksesan dalam proses belajarnya, tak terkecuali Fan Falak ini.

Penggambaran dan pengenalan suatu disiplin (fan) ilmu itu dengan mengetahui sepuluh (10)  Pokok dasarnya, hal tersebut tertuang di dalam tiga (3) bait nadhom yang dipublikasikan oleh sebagian Ulama ;

ان مبادي كل فن عشرة * الحد والموضوع ثم الثمرة
وفضله ونسبة والواضع   * والاسم الاستمداد حكم الشارع
مسائل والبعض بالبعض اكتفي * ومن دري الجميع حاز الشرفا

"Sesungguhnya Pokok Dasar setiap Fan (disiplin) ilmu itu ada sepuluh (10) ;
  1. Pengertian
  2. Sasaran
  3. Manfaat
  4. Keunggulan | keistimewaan
  5. Klasifikasi ( Nisbat)
  6. Peletak
  7. Nama
  8. Dalil
  9. Hukum mempelajari dan mengajarkan
  10. Ruang lingkup (Topik pembahasan)

Pengertian, Sasaran, Manfaat dan Keunggulan Ilmu Falak

Ada juga Ulama yang menganggap cukup dengan mengeahui sebagiannya saja, akan tetapi orang yang mengetahui semua ( kosep dasar setiap Fan ilmu) tersebut layak mendapatkan kemulyaan".

Berikut Sepuluh (10) Pokok Dasar Ilmu Falak;

Pengertian Ilmu Falak

Mungkin sering kita mendengar orang-orang yang bertanya tentang Apa yang dimaksud dengan Ilmu Falak, berikut jawaban atas pertanyaan tersebut.

Pengertian Ilmu Falak adalah ilmu tentang peredaran benda-benda langit (termasuk Bumi) dengan masa edar yang beraturan dan penghitungan yang dapat diketahui.



Bumi mempunyai  dua (2) masa edar (orbit);
  1. Beredar pada sumbunya dari barat ke timur yang membutuhkan waktu selama 23 jam, 56 menit, 4,091 detik yang kemudian digenapkan menjadi 24 jam(sehari semalam). peredaran ini disebut Rotasi Bumi. Sumbu Rotasi Bumi sebesar 23,45¤ tepatnya 23¤ 27'
  2. Beredar mengelilingi Matahari (melawani arah jarum jam) yang membutuhkan waktu selama 365,2425 hari yang kemudian ditetapkan menjadi 365 (tahun Bashithah) dan 366 hari ( tahun Kabisat). Peredaran ini disebut Revolusi Bumi, revolusi Bumi ini diakibatkan adanya tarik menarik antara gravitasi Matahari dengan gravitasi Bumi.
Garis edar Bumi untuk mengelilingi Matahari disebut Ekliptika  (منطقة البروج), Ekliptika ini memotong lingkaran equator dengan membentuk sudut 66,5¤.
Bulan memiliki tiga (3) kali edar ;
  1. Beredar pada sumbunya, pergerakan ini membutuhkan waktu selama 29, 5 hari atau satu bulan.
  2. Beredar mengelilingi Bumi pada jarak kurang lebih rata-rata 384. 400 km dalam waktu 27, 3 hari yang disebut periode Sideris ( الفترة الفلكي ), karena mengacu pada bintang-bintang yang jauh. Tapi bila mengacu pada Matahari, maka dikenal dengan periode Sinodis ( الفترة السياندسي ) yang besarannya rata-rata 29, 5 hari.
  3. Beredar mengelilingi Matahari bersama Bumi selama kurang lebih 365, 2425 hari.
Matahari hanya beredar pada sumbunya. Matahari berotasi pada sumbunya selama 27 hari untuk mencapai Satu kali putaran. Gerakan Rotasi ini pertama kali diketahui melalui pengamatan terhadap perubahan posisi bintik Matahari.

Pengertian, Sasaran, Manfaat dan Keunggulan Ilmu Falak

Sasaran Ilmu Falak

Sasaran yang diliput ilmu falak adalah seputar peredaran atau pergerakan benda-benda langit, termasuk Bumi, Bulan, Matahari dan planet-planet sesuai garis edarnya masing-masing yang berbentuk elips, ada yang bergerak cepat sekali, sedang dan ada pula lambat. Sasaran ini pula yang dibahas dalam Ilmu Astronomi. Maka oleh karena itu, sasaran pembahasan Ilmu Falak atau Hisab itu lebih luas daripada Ilmu Astronomi.

Manfaat Ilmu Falak

Manfaat Ilmu Falak adalah dapat mengetahui waktu-waktu Ibadah, seperti Awal waktu Shalat, mengetahui terbit dan terbenamnya Matahari, dapat pula mengetahui Arah Kiblat, menentukan posisi Hilal ketika Rukyat (melihatnya) dan dapat menentukan kapan, dimana dan durasi terjadinya gerhana Bulan atau gerhana Matahari yang terjadi di masa yang akan datang serta dapat memperkirakan awal bulan Qamariyah. Kemanfaatan yang telah disebutkan tadi sepertinya belum ditemukan dalam Astronomi.

Dengan melihat Sasaran dan Manfaat ilmu Falak di atas, maka dapat disimpulkan bahwa poin-poin tersebut yang menjadi titik perbedaan antara ilmu Falak dan Astronomi, dengan kata lain kurang lebihnya Ilmu Falak lebih luas sasaran dan manfaatnya dari pada Astronomi.

Keunggulan Ilmu Falak

Ilmu Falak memiliki kemulyaan yang agung, sebab dengannya diketahui waktu-waktu Ibadah, Arah Kiblat dan penjelasan lainnya, disamping itu Disiplin Ilmu Falak dapat dijadikan bahan Tafakkur mengenai Keajaiban Langit Bumi dan seisinya yang semuanya adalah maha Karya Tuhan Semesta Alam, Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Orang yang mempelajari dan mengajarkannya karena Allah adalah termasuk diantara hamba-hamba Allah terbaik (pilihan), sebagaimana yang tercantum dalam sebuah Hadits dari Riwayat Imam Baihaqi, bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda ;

ان خيار عباد الله الذين يراعون الشمس والقمر والنجوم والاظلة  لذكر الله عز وجل

"Sesungguhnya  Hamba-hamba Allah terbaik (Pilihan) adalah orang-orang yang mengamati (pergerakan) Matahari, Bulan, Bintang dan Bayangan, karena untuk mengingat Allah Yang Maha Mulya dan Maha Agung" 

Keunggulan ilmu Falak Islam juga adalah dapat menambah keimanan kepada Allah dan menambahkan keyakinan dalam beribadah, sehingga menghasilkan kekhusu'an dalam menjalankannya. Sebagaimana yang telah dikatakan oleh Sayyidina Ali bin Abi Thalib Karramallahu Wajhahu ;

من اقتبس علما من النجوم من حملة القرأن ازداد به 
ايمانا ويقينا

"Barang siapa yang mengambil (mempelajari dan mengajarkan) suatu fan (disiplin) ilmu perbintangan (Ilmu Falak), (ia termasuk) dari orang-orang yang telah memahami Al-qur'an, maka akan menambahkan keimanan dan keyakinan".

Sekiranya Cukup sekian dulu uraian singkat mengenai Pengertian, Sasaran, Manfaat dan Keunggulan Ilmu Falak, selanjutnya setelah ini ada  Artikel tentang Spesifikasi, Peletak Pertama, Nama dan Dalil Ilmu Falak.
Buka Komentar