16 Tanda Rubu' Al-Mujayyab

Bila dalam Artikel sebelumnya dipublikasikan mengenai Pengertian dan Fungsi Rubu' Al-Mujayyab, maka pada kesempatan kali ini akan ditunjukkan 16 Tanda yang terdapat pada Rubu' Al-Mujayyab atau yang juga disebut dengan Kuadran Sinus.



Berikut 16 Tanda yang terdapat dalam Rubu' Al-Mujayyab yang merupakan salah satu Alat Peraga Ilmu Falak Klasik ;

1. Al-Markaz (المركز)

Merupakan titik Pusat Rubu' yang terdapat pada sudut siku-siku dan disana terdapat lubang kecil untuk tali (Khaith | خيط).

2. Qaus Al-Irtifa' (قوس الارتفاع)

Busur utama pada Rubu' yang terbagi ke dalam 90 Skala (Jaib), busur yang melingkar pada Rubu' dan terbagi ke dalam 90 bagian. Masing-masing bagian tersebut bernilai 1¤ (Satu derajat) yang nilainya sama dengan 60' (Enam Puluh menit derajat). Ketelitian pembacaan Skala tersebut adalah sebesar 0,125¤.

Awal Qaus Al-Irtifa' berada di sisi Akhir Jaib Al-Tamam, sedangkan Akhir Qaus Al-Irtifa' berada di sisi Akhir Al-Sittini.

Kalau kita menghitung dari Kanan / Awal قوس الارتفاع ke Kiri / Akhir  قوس الارتفاع, maka menghasilkan bilangan yang disebut اعداد المستوية (A'dadul Mustawiyah)

Sedangkan Menghitung dari Kiri / Akhir قوس الارتفاع ke Kanan atau ke Awal  قوس الارتفاع menghasilkan bilangan yang disebut اعداد المنكوسة (A'dadul Mankusah).

Tepat di bawah garis Qaus Al-Irtifa' terdapat 4 kotak ;
  1. Katak paling kecil berisi tiap-tiap kotaknya 1¤ (Satu derajat/4 menit) yang di dalamnya terdapat 4 garis terkecil yang bernilai 20' (Dua Puluh menit derajat/1 menit)
  2. Kotak kecil yang bernilai 1¤ (Satu derajat/4 menit)
  3. Kotak besar yang memiliki nilai 15¤ (Lima Belas Derajat/ 1 jam)
  4. Kotak sedang (berada di bawah kotak besar) yang memiliki nilai 5¤ (Lima Derajat/20 menit), untuk setiap 3 buah kotak sedang ini menghubungkan 1 kotak besar yang bernilai 15¤ (1 jam). 
Selanjutnya Di bawah Kotak-kotak tersebut terdapat 12 Buruj, untuk setiap Buruj memiliki nilai 30¤ (Tiga Puluh Derajat), berikut ini adalah nama 12 Buruj ;
  1. Haml (شمالي | Arah Utara)
  2. Tsaur (شمالي | Arah Utara)
  3. Jauzaa' (شمالي | Arah Utara)
  4. Sarathan (شمالي | Arah Utara)
  5. Asad (شمالي | Arah Utara)
  6. Sunbulah (شمالي | Arah Utara)
  7. Mizan (جنوبي | Arah Selatan)
  8. 'Aqrab (جنوبي | Arah Selatan)
  9. Qaus (جنوبي | Arah Selatan)
  10. Jadyun (جنوبي | Arah Selatan)
  11. Dalwun (جنوبي | Arah Selatan)
  12. Hut (جنوبي | Arah Selatan) 
Keterangan lebih lanjut mengenai 12 Buruj tersebut dapat Anda temukan pada Artikel 12 Nama Buruj

Lalu Bagaimana Cara mengetahui Qaus Al-Irtifa' dari Jaib dan Sebaliknya?, silahkan dapatkan Jawabannya disini.

16 Tanda Rubu' Al-Mujayyab

3. Jaib Al-Tamam (جيب التمام)

Yaitu garis lurus yang ditarik dari Markaz ke Awal Qaus Al-Irtifa', Jaib Al-Tamam dibagi menjadi 60 Jaib (Skala) sama besar. Pada setiap Skala mempunyai garis yang terhubung atau ditarik garis lurus ke arah Qaus Al-Irtifa'.

Menghitung dari Bawah / Awal جيب التمام  ke Atas / Akhir  جيب التمام  menghasilkan bilangan yang disebut اعداد المستوية (A'dadul Mustawiyah)

Sementara Menghitung dari Atas / Akhir جيب التمام  ke Bawah / Awal  جيب التمام  menghasilkan bilangan yang disebut اعداد المنكوسة (A'dadul Mankusah).

4. Al-Sittini (الستيني)

Merupakan garis lurus yang ditarik dari Markaz ke Akhir Qaus Al-Irtifa'. Al-Sittini dibagi menjadi 60 Skala (Jaib) yang sama besar. Setiap Skala mempunyai garis lurus yang terhubung dengan Qaus Al-Irtifa' yang disebut Juyub Al-Mankusah (suatu sudut Kemiringan cahaya pada bidang datar yang Horizontal dilihat dari ujung bayang-bayang dari benda yang berdiri tegak tersebut).

Bila kita menghitung dari Awal Sittiny ke Akhir Sittiny, maka bilangan yang dihasilkan disebut اعداد المستوية (A'dadul Mustawiyah).

Bila kita menghitung dari Akhir Sittiny ke Awal Sittiny, maka bilangan yang dihasilkan disebut اعداد المنكوسة (A'dadul Mankusah).

5. Juyub Al-Mankusah (جيوب المنكوسة)

Yaitu Sinus Kemiringan cahaya pada bidang datar yang berdiri tegak dilihat dari ujung bayang-bayang dari benda yang tegak lurus pada bidang itu.

Secara jelasnya Juyubu Al-Mankusah adalah semua garis-garis yang keluar dari 60 Skala Jaib Al-Tamam | جيب التمام ke قوس الارتفاع

16 Tanda Rubu' Al-Mujayyab

6. Al-Juyub Al-Mabsuthah

Semua garis yang keluar dari setiap Skala Al-Sittini (الستيني) yang ada 60 ke قوس الارتفاع.

7. Qaimatu Dhilli Al-Mankus Bi Al -Aqdaam (قائمة ظل المنكوس بالاقدام)

Garis yang keluar dari Al-Sittini pada Skala (Jaib) 7¤ dan garis yang keluar dari Jaib Al-Tamam pada Skala 8¤. 

8. Qaimatu Dhilli Al-Mankus Bi Al -Ashabi' (قائمة ظل المنكوس بالاصابع)

Garis yang keluar dari Al-Sittini pada Skala (Jaib) 12¤ dan garis yang keluar dari Jaib Al-Tamam pada Skala 12¤. 

9. Al-Tajyib (التجييب)

Busur setengah lingkaran yang dibuat dengan radius 1/2 (setengah) kali radius busur utama. Jika pusat Al-Tajyib berada pada sisi Al-Sittini di Jaib 30, maka disebut Al-Tajyib Al-Awal. Dan Jika pusat Al-Tajyib terletak di Jaib Al-Tamam pada Jaib 30, maka disebut Al-Tajyib Al-Tsani. Titik pusat Al-Tajyib Al-Awal dan Al-Tajyib Al-Tsani inilah yang tersambung dengan Khatthu Al-Imtihan (Tanda nomor 12)

Dengan kata lain Al-Tajyib adalah setengah Lingkaran yang keluar dari Al-Markaz, bila menuju ke Akhir قوس الارتفاع maka dinamakan  Al- Tajyibu Al-Awal, sedangkan bila garis yang membentuk setengah lingkaran tersebut dari Al-Markaz menuju Awal  قوس الارتفاع, maka dinamakan  Al- Tajyibu Al-Tsani.

10. Qaus Al-Ashr (قوس العصر)

Garis lengkung yang ditarik di Awal Qaus Al-Irtifa' hingga ke Al-Sittini pada Jaib 42¤ 3'.

Qaus Al-Ashr ada dua (2) ;
  1. Qaus Al-Ashr Al-Awal yang merupakan Pendapatnya Ulama Madzhab Syafi'iyyah.
  2. Qaus Al-Ashr Al-Tsani yang merupakan Pendapatnya Ulama Madzhab Hanafiyah.

16 Tanda Rubu' Al-Mujayyab

11. Dairah Al - Mail Al-A'dham 

     (دائرة الميل الاعظم)
Busur yang membentuk 1/4 (Seperempat) lingkaran dan menggambarkan Deklinasi maksimum Matahari sebesar 23¤ 27' 00" menurut Ulama Mutaakkhirin atau sebesar 24¤ 00' 00" menurut Ulama Mutaqaddimin.

12. Qaimatu Dhilli Al-Mankus

      (قائمة ظل المنكوس)
Qaimatu Dhilli Al-Mankus adalah garis yang keluar dari Sittiny ke Qaus Al-Irtifa' pada Skala (Jaib) 7¤ dan 12¤ serta  garis yang keluar dari Jaib Al-Tamam ke Qaus Al-Irtifa' pada Skala (Jaib) 8¤ dan 12¤.

Dan Qaimatu Dhilli Al-Mankus ada 2 macam;
  1. Garis yang keluar dari Sittiny pada Skala (Jaib) 7¤ dan dari Jaib Al-Tamam pada Skala (Jaib) 8¤ dinamakan Qaimatu Dhilli Al-Mankus Bi Al-Aqdaam (قائمة ظل المنكوس بالاقدام)
  2. Garis yang keluar dari Sittiny paada Skala (Jaib) 12¤ dan dari Jaib Al-Tamam pada Skala (Jaib) 12¤ dinamakan Qaimatu Dhilli Al-Mankus Bi Al-Ashaabi' (قائمة ظل المنكوس بالاصابع)

13.  Khatthu Al-Imtihan

Garis lurus yang membentang dari Awal قوس الارتفاع ke Akhir  قوس الارتفاع yang menjadi titik pertemuan antara Tajyibu Al-Awal (التجييب الاول) dengan Tajyibu Al-Tsani (التجييب الثانى), dimana titik pertemuan tersebut berada pada Skala 30.

14. Hadfah (هدفة)

Lubang pengintai yang terdapat di luar Rubu' dan posisinya sejajar dengan Al-Sittini. Ada juga pada bentuk Rubu' yang lain letak Al-Hadfah berada disisi Kanan yang sejajar dengan Jaib Al-Tamam. Komponen ini biasa digunakan untuk melakukan pengamatan, seperti Rukyat Al-Hilal.

16 Tanda Rubu' Al-Mujayyab

15. Khaith (خيط)

Yaitu Tali atau benang yang dipasang pada lubang Markaz.

16. Al-Muri (المري)

Simpulan benang yang terdapat dan diikatkan pada Khaith, biasanya mempunyai warna yang berbeda dengan benang Khaith serta dapat Di gerak-gerakkan atau digeser. Pemasangan Muri ini disesuaikan dengan kebutuhan Pemakai.

16. Syakul

Bandul yang terdapat pada ujung Khaith dan berfungsi sebagai Alat pemberat

Dan Berikut adalah Ibarat dari Hasyiyatu Taqribi Al-Maqshad yang menjelaskan Tanda-tanda yang terdapat pada Rubu' Al-Mujayyab ;

Buka

(المقدمة) في الرسوم التي يتوقف عليها العمل غالبا وتسميتها وهي أربعة عشر (الأول) المركز هو الثقب الذي يجعل فيه الخيط (الثاني) قوس الارتفاع وهو القوس المحيط بالربع أوله يمين الناظر إليه وأخره يساره مقسوم ب(ص) درجة أقساما متساوية أعدادها مكتوبة بحروف الجمل طردا من أوله وتسمى أعدادا مستوية وعكسا من آخره إلى أوله وتسمى أعدادا معكوسة في ثمانية عشر بيتا في كل بيت خمس درجات وهو موزوع على اثنى عشر برجا فمن أوله إلى ثلاثين درجة لبرج الحمل والميزان ومنها إلى ستين درجة لبرج الثور والعقرب ومنها إلى تسعين درجة لبرج الجوزاء والقوس واعكس ذلك من آخره إلى أوله لبرج السرطان والجدي ثم لبرج الأسد والدلو ثم لبرج السنبلة والحوت وهذه البروج قسمان ستة شمالية وهي الحمل والثور والجوزاء والسرطان والأسد والسنبلة وستة جنوبية وهي الميزان والعقرب والقوس والجدى والدلو والحوت.(والثالث) جيب التمام وهو خط مستقيـم نازل من المركز إلى أول قوس الارتفاع مقسوم ب(س) درجة أقساما متساوية اعدادها مكتوبة بحروف الجمـل طردا من المركز إلى القوس وتسمى اعدادا مستوية وعكسا من القوس إلى المركز وتسمى أعدادا معكوسة في اثنى عشر بيتا في كل بيت خمس درجات (والرابع) الستيني وهوخط مستقيم نازل من المركز إلى أخر القوس مقسوم مثل جيب التمام (والخامس) دائرتا التجييب وهما نصفا دائرتين خرجتا من المركز منتهيا احدهما إلى أخر القوس ويسمى التجييب الأول والأخر إلى أولها ويسمى التجييب الثاني (والسادس) الجيوب المبسوطة وهي الخطوط المستقيمة النازلة من الستيني إلى القوس (والسابع) الجيوب المعكوسة وهي الخطوط المستقيمة النازلة من جيب التمام إليه (والثامن) دائرة الميل وهو قوس من دائرة صغيرة بعد طرفيها من المركز (كد) درجة احدهما عند الستينى والأخر عند جيب التمام (والتاسع) قوسا العصرين وهما قطعتان من دائرتين كبيرتين خرجتا من أول قوس الارتفاع مقاطعتان لغالب الجيوب منتهيا احدهما إلى (مب ك) من مستوي الستيني وتسمى قوس العصر الأول والأخر إلى (كو ل) منه وتسمى قوس العصر الثاني (والعاشر) قائمتا الظل وهما خطان نازلان إلى قوس الارتفاع احدهما من الستيني من جملة الجيوب المبسوطة متميزا عن غيره بنقط غالبا وتسمى قائمة الظل المبسوط والثاني من جيب التمام من جملة الجيوب المعكوسة مميزا عن غيره كالأول وتسمى قائمة الظل المنكوس (والحادي عشر) الهدفتان وهما قطعتان زائدتان على شكل الربع من جهة اليمين غالبا وقد تكونان من جهة اليسار وهو الأحسن (والثاني عشر) الخيط الذي يجعل في مركز الربع وهو ظاهر (والثالث عشر) المري وهو ما يعقد في الخيط والأحسن أن يكون لونه مخالفا للون الخيط (والرابع عشر) الشاقول وهو الذي يعلق في طرف الخيط من رصاص أو نحاس أو حديد (قوله على مركز) براعة استهلال وهي أن يأتي المتكلم في أول كلامه بما يشعر بمقصوده اهـ الناقل (قوله بالربع المجيب) سمى بالربع لأنه ربع من الدائرة وبالمجيب لاشتماله على الجيوب اهـ شيخنا وأول واضعه الإمام علاء الدين ابن لشاطرالدمشقى اهـ المختصر المهذب (قوله غالبا) خرج به دائرة الميل وقوسا العصرين لأنها قد لايتوقف عليها العمل اهـ شيخنا (قوله برجا) البروج عبارة عن جملة من النجوم بحيث لو تأملها الرائي لوجدها على شكل صورة من الصور الاثني عشرة اهـ المختصر (قوله وهي الحمل الخ) الثلاثة الأولى منها صاعدة والثلاثة الثانية منها هابطة اهـ وسيلة الطلاب (قوله وهي الميزان الخ) الثلاثة الأولى منها هابطة والثلاثة الثانية منها صاعدة اهـ منه قال الشيخ محمد فقيه رحمه الله تعالى : حمل وثور وجوزاء سرطـان أسد سنبلة لشمــال هذه نسبت ميزان عقرب قوس جدي دلو وحـو ت نسبت لجنوب غفلتي غلبت (قوله من المركز إلى القوس) أي إلى أوله اهـ شيخنا (قوله بنقط غالبا) أي فقد يكون بالجيب الأحمر اهـ شيخنا

Dan Anda dapat menonton Video tentang 16 Tanda Rubu' Al-Mujayyab di bawah ini ;



Cara Menggunakan Rubu' Al-Mujayyab

Berikut ini beberapa Cara Menggunakan Rubu' Al-Mujayyab untuk mengetahui data-data berikut ini ;
Anda juga bisa mendapatkan Aplikasi Rubu' Al-Mujayyab dengan menginstalnya melalui link di bawah ini :

Demikian uraian singkat mengenai 16 Tanda Rubu' Al-Mujayyab yang dapat kami sampaikan. Mudah-mudahan bermanfaat.

Buka Komentar